Selasa, 22 April 2008

Sejarah Pendirian Prodi D3 Keperawatan



Prodi D3 Keperawatan (AKPER UNIPDU) dahulu AKPER DARUL ULUM Jombang adalah salah satu Prodi kesehatan di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan.
AKPER DARUL ULUM berdiri pada tanggal 3 Sepetember 1991 dengan SK. MENKES RI. No. HK.00.06.2647, saat itu adalah satu-satunya Akademi Perawatan yang dikelola sebuah Yayasan Pondok Pesantren di Jawa Timur.
Pada awal pengajuan pendiriannya harus menghadapi kenyataan berupa hambatan dan tantangan, terutama perihal kemampuan dan pengelolaan serta sarana penunjang utama pendidikan profesi keperawatan yaitu Rumah Sakit yang belum dimiliki. Hal diatas ternyata betul-betul menjadi motivasi bagi KH. MUH. AS’AD UMAR untuk tetap berupaya memperoleh ijin mendirikan AKPER DARUL ULUM ini. Langkah awal yang ditempuh untuk merintis keberadaan lembaga ini adalah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Umum yang bersedia dan memungkinkan sebagai teaching hospital yaitu : RSUD Jombang, RSUD Dr. Wahidin S.H. Mojokerto, RSUD Nganjuk, RSJ Lawang Malang dan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Berkat kepercayaan dan bantuan dari KAKANWIL Depkes Prop. Jawa Timur pada saat itu, Dr. E. Sutarto, SKM, serta segenap jajaran Dinas Departemen Kesehatan RI, baik Tingkat II Jombang, Tingkat I Jawa Timur, maupun Pusat, pada tahun 1991/1992 ditetapkan untuk mendapatkan ijin dari PUSDIKNAKES Depkes RI atas nama Menteri Kesehatan RI, untuk melaksanakan Sipensimaru. Pada tangal 9-10 Oktober 1991 diselenggarakan Lokakarya untuk mengawali penyelenggaraan program belajar mengajar yang dihadiri dan dibuka oleh Kapusdiknakes, Dr. Nugroho Iman Santoso, SKM., didampingi oleh beberapa Kepala Bidang yakni H. Adang Iskandar, SKM., Dra. Yunarsih Sudibyo, SMIP., Kabidnakes Kanwil Depkes Prop. Jawa Timur Dr. Tarbinu Kasmono, MPH., Dr. Aman A. Endarso,SKM., (Kandep/Dinkes Kab, Jombang) dan diikuti oleh jajaran instansi dilingkungan Departemen dan Dinas Kesehatan yang terkait.
Pada awal kegiatan AKPER DARUL ULUM, Sekretariat Pendaftaran menggunakan satu ruangan di Kantor Dinas Kesehatan Kab. Jombang, dengan maksud agar lebih mudah diketahui masyarakat. Terbukti dari jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi saat itu mencapai angka 230 peserta dari berbagai penjuru tanah air yang diterima ditetapkan hanya 40 mahasiswa. Untuk pelaksanaan proses belajar mengajar, pada saat itu harus bergabung dengan Fakultas lain yang ada di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, yaitu Fakultas Tarbiyah Universitas Darul ‘Ulum sampai kurang lebih satu semester, sedangkan untuk tenaga pengajar selain berasal dari tenaga tetap yang masih sangat terbatas juga berasal dari Dinas Kesehatan dan RSUD Kab. Jombang serta dari PAM Keperawatan Surabaya dan Malang.
Dalam melaksanakan praktek Keperawatan, mulai pada akhir semester II sampai dengan semester IV, mahasiswa secara berkala melaksanakan Praktek Keperawatan di RSUD Jombang dan RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dan RSUD Nganjuk, serta melaksanakan Praktek Lapangan bagi semester V di Puskesmas di Wilayah Kabupaten Jombang. Pada semester VI, melaksanakan Praktek Keperawatan di RSJ Lawang dan RSUD Dr. Soetomo Surabaya.
Sebagai konsekuensi dari pendirian AKPER DARUL ULUM ini, tepat pada tanggal 25 Nopember 1991 dimulai peletakan batu pertama pembangunan kampus AKPER DARUL ULUM yang terletak di areal kompleks Pondok Pesantren Darul “Ulum.
Alhamdulillah dalam jangka waktu 1 tahun 4 bulan, bangunan berlantai 2 (dua) dan 3 (tiga) yang menelan biaya hampir Rp. 500.000.000,00 (Kurs US $ = Rp. 2.900,-) pada tanggal 18 Februari 1993 diresmikan oleh Bapak H. Rudini, Mendagri RI (Kabinet Pembangunan V).
Memasuki tahun ketiga, dengan kampus yang cukup memadai, secara bertahap selain menambah jumlah tenaga pengelola tetap (full timer), sarana-sarana penunjang lain juga mulai terpenuhi. Hal ini dilakukan dengan mengingat semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat yang terbukti dari banyaknya jumlah pendaftar untuk memasuki Akademi Perawatan Darul ‘Ulum. Dibidang SDM mulai tahun akademik 1994/1995 mulai lebih mempersiapkan dengan mengirim dosen tetap untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu ke SI maupun S2 di UI, UNPAD, UNAIR, UGM, UNIBRAW, dll.
Pada tahun 1999, Alhamdulillah, sebagai wujud dari upaya dan jerih payah kami baik dari segi kuantitas maupun kualitas, kami telah melaksanakan akreditasi dan mendapat nilai yang sangat memuaskan yaitu A.
Dan pada tahun 2004 ini tepatnya pada tanggal 3 Agustus 2004 AKPER DARUL ULUM kembali dipercaya untuk mendapatkan Strata Akreditasi A, dengan Nilai 88,87. Hal ini tertuang dalam SK Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI Nomor : HK.00.06.2.2.01654.
Demikian SEJARAH PENDIRIAN AKPER UNIPDU JOMBANG, untuk selanjutnya kami tetap mengharap doa restu dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian agar kami tetap diberi kekuatan oleh Allah SWT. untuk mengemban dan menambah sarana-sarana penunjang yang lain.

Tidak ada komentar: