Jumat, 27 Juni 2008

Kenali temperamen bayi anda (2)

Sedangkan temperamen bayi yang lain dapat digolongkan sebagai berikut :
SI ”TERGANTUNG”

Si kecil sangat tergantung pada kehadiran orang lain. Ia protes jika Anda letakkan ia sendiri di dalam boksnya. Semua aktivitasnya dilakukan dengan mudah jika ada orang lain di dekatnya. Misalnya makan atau tidur, sepanjang Anda menemani, tidak akan ada masalah. Namun begitu tidak melihat Anda, ia protes sejadi-jadinya. Cobalah membuat bayi temperamen ini mandiri dan mampu berpisah dari Anda. Awalnya ia pasti protes, namun dengan mudah menyesuaikan diri dengan orang yang menggantikan posisi Anda dalam merawatnya.


SI RIANG GEMBIRA

Si riang gembira mudah dibedakan dari bayi lain karena ekspresinya yang selalu tersenyum dan tertawa. Jika melihat orang lain bayi-bayi ini biasanya menggerakkan tangan dan kakinya, seolah-olah hendak menyapa. Bayi-bayi ini umumnya berkembang menjadi anak yang mudah bergaul dan disenangi teman-temannya. Untuk mengimbangi, cobalah memperkenalkan kegiatan yang lebih tenang. Misalnya membiarkannya mendengarkan musik sendiri sehingga ia pun terbiasa sendiri.


SI ”AKU TAHU YANG KUMAU”

Bayi-bayi ini biasanya tahu benar apa yang diinginkan bahkan sejak ia dilahirkan. Jika ia sedang tidak ingin tidur, Andapun kesulitan menidurkannya. Begitu pula dengan aktifitas lain yang tidak diinginkannya. Jika dipaksa, si kecil memprotes tindakan Anda hingga berjam-jam tanpa lelah. Untungnya anak-anak ini biasanya berubah menjadi anak yang lebih mudah ketika ia sudah bisa diajak berkomunikasi dan bernegosiasi. Katika masih bayi yang dapat Anda lakukan adalah mengenali kebutuhan dan memberikan rutinitas yang sama setiap hari. Kegiatan yang terprediksi dari waktu ke waktu sangat dibutuhkan untuk mengimbangi kebutuhannya ini.

Jadi pandai-pandailah kita sebagai orang tua mengenali anak-anak kita.
Semoga berhasil !!

Tidak ada komentar: